Thursday, February 11, 2016

Pengertian Apple Pay

Pinjaman Medan - Apple Pay adalah sebuah layanan yang menggunakan metode pembayaran online. Seperti logo baru Apple Watch yang dirilis pada tahun 2015, Apple Pay juga mengadopsi logo Apple dengan diikuti kata Pay. Apple Pay ini dirilis pada 20 Oktober 2014 bersama dengan OS terbarunya, iOS 8.1.  Apple Pay dirancang bagi pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus untuk dapat melakukan pembayaran atas barang-barang yang telah dibeli dan layananan yang digunakan pengguna, Loopers.

Layanan Apple Pay

Apple Pay merupakan layanan pembayaran mobile yang memungkinkan kita melakukan pembayaran di ritel dan checkout secara onlineLoopers. Hal ini dimaksudkan untuk mendigitalkan dan mengganti transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit atau kartu debit. Jadi, dompetmu udah nggak penuh sama uang dan kartu lagi deh, Loopers.
Layanan Apple Pay ini memungkinan perangkat Apple untuk tersambung dengan sistem penjualan yang menggunakan chip NFC (Near Field Communication), yaitu sebuah chip khusus yang bakal menyimpan informasi pembayaran yang terenkripsi, ID Apple Touch, dan Passbook kamu. Intinya nih, Loopers, Apple Pay bekerja layaknya kartu kredit dan kartu debit. Jadi, smartphone Apple kamu secara nggak langsung udah jadi kartu kredit dan debitmu, Loopers. Lebih praktis kan?

Apa Apple Pay Cuma Bisa Digunakan di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus aja?

Wah kamu tenang aja, Loopers, nggak cuma iPhone 6 kok yang bisa menggunakan layanan Apple Pay. Layanan ini juga kompatibel dengan iPhone 5, iPhone 5C, dan iPhone 5S. Kabarnya, Apple Watch juga bisa menggunakan layanan ini kok, bahkan iPad Air 2 dan iPad mini 3.

Apple Pay Dijamin Aman Nggak?

Untuk menjaga transaksi aman, Apple menggunakan metode yang dikenal sebagai ‘tokenization’, yang menjaga nomor kartu kredit yang sebenarnya muncul. Jadi, nomor kartu kreditmu akan terenkripsi gitu, Loopers. Bahkan, nama, alamat, dan data-datamu yang lain juga nggak akan diketahui oleh pihak penjual. Selain itu, Apple menggunakan fitur Apple Touch, jadi Apple Pay membutuhkan sidik jarimu untuk persetujuan pembelian dan pembayaran. Oh ya, Loopers, Apple dan pihak lain juga nggak akan bisa mengetahui informasi transaksi yang kamu lakukan. Udah yakin aman belum kalo keamanannya canggih gini?

Bagaimana Cara Setting Apple Pay?

Kalo perangkat kamu udah iOS 8.1, Apple Pay dapat diatur dengan aplikasi Passbook. Kamu tinggal sentuhicon “+” di Passbook, dan kamu udah bisa menambahkan kartu kredit atau kartu debitmu di Apple Pay. Setelah itu, kartu kreditmu akan langsung bisa terverifikasi, Loopers. Tapi, ada juga yang membutuhkan konfirmasi melalui telepon, download aplikasi, atau e-mail sebelum ditambahkan ke Apple Pay. Setelah terverifikasi, kartumu udah bisa dibuat melakukan pembayaran di toko-toko yang ada dalam aplikasi.

Gimana teknologi baru yang diciptakan sama Apple ini, Loopers? Lagi-lagi mereka selalu inovatif dan keren, ya?


EmoticonEmoticon