Wednesday, January 17, 2018

Menutup Hidung dan Mulut Saat Bersin Ternyata Berbahaya

Menutup hidung dan mulut saat bersin mungkin sudah menjadi kebiasaan yang sudah dari dulu kita lakukan. Belum lagi, sejak dulu banyak alih kesehatan memang menyarankan untuk melakukan hal tersebut saat sedang bersin.

Namun ternyata menutup hidung dan mulut saat bersin juga dapat menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya bagi tengorokan kita. Hal ini diungkapkan oleh spesialis telinga, hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Universitas Leicester NHS Trust.

Dalam laporannya yang diunggah ke jurnal BMJ Case Reports, mereka mengatakan bahwa menutup hidung dan mulut saat bersin dapat membuat bagian belakang tengorokan kita terluka dan bengkak.

Sebagai contoh kasus, mereka menyebutkan bahwah hal ini telah dialami oleh salah seorang pria berusia 34 tahun di rumah sakit tersebut. Pria ini sudah menghabiskan waktu seminggu di rumah sakit dan hampir tidak bisa berbicara atau menelan sesuatu.

Awalnya sang pria hanya menutup hidung dan mulutnya saat sedang bersin, namun siapa sangka hal itu membuat sensasi popping di lehernya dan menyebabkan pembengkakan.


EmoticonEmoticon